Senin, 18 April 2016

PERTANYAAN...penting....



EMPAT MACAM KETRAMPILAN MEMBUAT PERTANYAAN

1.       Cognitive- memori questions ( memerlukan pemikiran yang rendah,biasanyaa satu jawaban yg benar.) berupa informasi fakta, ingatan, definisi,dsb
-          Kata2 yg digunakan: recall- identify, obverve- yes or no-define- name-designate
Contoh : dimana ibukota indonesia?
                Sebutkan sungai terpanjang di indo?
                Siapa presiden indonesia ke 3?
                Identifikasi negara mna yg pertama kali meluncurkan manusia ke bulan?
                Candi panataran adlah peninngaalan kerajaan hindu. Benar or salah.
2.       Convergent questions( memerlukan hub anrtara fakta untuk merekontruksi respon/jawabana.
-          Kata2 yang digunakan : menjelaskan.( exlplain). Membedakan( contrast), menyamakan(compare). Menyatakan hub mengapa( why)
Contoh:
                Mengapa cina dan rusia dlm berbagai hal yang sama?
                                Apa perbedaan antara candi borobudur dan prambanan?
                                Apakah hub pengeboman nagasaki dan hirosima dengan kemerdekaan indo ?
3.       Divergent question( memrlukan respon siswa secara bebas dan mandidri yg lbih bervariasi dan kreatif.
-          Kata2 yang digunakan  : memprediksi- hipotesa-membuat inferensi-merekontruksi- bagaiman kalau,
Contoh:
                Bagaimana membantu mengurangi delinguensi anak2?
                Bagaiman dengan kenaikkan harga bbm?
                Bagaimana dampak thdp masyarakat indo dengan kekurangan bbm ?
4.       Evaluative questions ( memerlukan judgment, nilai, dan pilihan2). Melatih siswa untuk untuk mengorganisasikan pemikiran dan pengetahuan dlm membuat keputusan, mengambil posisi dalam menjustifikasi atau mempertahnkan pendapat berdasarkan bebrapa bukti.
-          Kata2 yang digunakan : judge-menilai-mempertahankan-justifikasi pilihan-opini- percaya/yakin.
Contoh : bentuk tindakan apa yang dilakukan pemerintah dalam mengurangi kemiskinan?
Apakah menurutmu sistem senioritas menguntungkan bagi pembentukan sebuah institusi yang baik? Mengapa ya or tidak ?
Bagaimana menurut anda ujian nasional memperbaiki atau memperburuk sistim pendidikan di Indonesia?

0 komentar:

Posting Komentar

 

MENIKYUHU Template by Ipietoon Cute Blog Design