EMPAT MACAM KETRAMPILAN MEMBUAT PERTANYAAN
1.
Cognitive-
memori questions ( memerlukan pemikiran yang rendah,biasanyaa satu jawaban
yg benar.) berupa informasi fakta, ingatan, definisi,dsb
-
Kata2 yg digunakan: recall- identify, obverve-
yes or no-define- name-designate
Contoh : dimana ibukota indonesia?
Sebutkan
sungai terpanjang di indo?
Identifikasi
negara mna yg pertama kali meluncurkan manusia ke bulan?
Candi
panataran adlah peninngaalan kerajaan hindu. Benar or salah.
2.
Convergent
questions( memerlukan hub anrtara fakta untuk merekontruksi
respon/jawabana.
-
Kata2 yang digunakan : menjelaskan.( exlplain).
Membedakan( contrast), menyamakan(compare). Menyatakan hub mengapa( why)
Contoh:
Mengapa
cina dan rusia dlm berbagai hal yang sama?
Apa perbedaan
antara candi borobudur dan prambanan?
Apakah hub
pengeboman nagasaki dan hirosima dengan kemerdekaan indo ?
3.
Divergent
question( memrlukan respon siswa secara bebas dan mandidri yg lbih
bervariasi dan kreatif.
-
Kata2 yang digunakan : memprediksi- hipotesa-membuat
inferensi-merekontruksi- bagaiman kalau,
Contoh:
Bagaimana
membantu mengurangi delinguensi anak2?
Bagaiman
dengan kenaikkan harga bbm?
Bagaimana
dampak thdp masyarakat indo dengan kekurangan bbm ?
4.
Evaluative
questions ( memerlukan judgment, nilai, dan pilihan2). Melatih siswa untuk
untuk mengorganisasikan pemikiran dan pengetahuan dlm membuat keputusan,
mengambil posisi dalam menjustifikasi atau mempertahnkan pendapat berdasarkan
bebrapa bukti.
-
Kata2 yang digunakan :
judge-menilai-mempertahankan-justifikasi pilihan-opini- percaya/yakin.
Contoh : bentuk tindakan apa yang dilakukan
pemerintah dalam mengurangi kemiskinan?
Apakah
menurutmu sistem senioritas menguntungkan bagi pembentukan sebuah institusi
yang baik? Mengapa ya or tidak ?
Bagaimana
menurut anda ujian nasional memperbaiki atau memperburuk sistim pendidikan di
Indonesia?
0 komentar:
Posting Komentar